Pembuatan Relief Ukir Tebokan Sangkar Burung Dari Kota Malang

IMG_20160612_084314 IMG_20160612_084004

Malang, Beritamadani.co.id – Banyak macam sangkar burung yang kita jumpai dijual di pasar burung. Sangkar burung diklasifikasikan sesuai dengan jenis burung  yang dipelihara. Sangkar burung ukuran diameter 30 cm, 40 cm, 60 cm dan 70 cm, biasanya yang paling banyak dicari penghobby burung. Salah satu pembuat relief ukir tebokan (tatakan sangkar burung,red)di Malang, salah satunya adalah Pak Widodo. Ia menekuni kerajinan sangkar burung relief ukir ini sudah lebih dari 3 tahun. Di Jl.Kemayoran Atas, Blok AS 01, Kota Malang.

Sangkar burung setengah jadi ditempat ini dipermak menjadi sangkar burung relief ukir yang menarik dan bernilai tinggi. Sangkar burung biasa saja, bila dipermak di workshop Pak Widodo, bisa tampak elegan dan menarik, apalagi bila ditambah pernak-pernik cantholan dan diberi tebokan relief ukir. Penghobby burungpun harus mengantri, pesan terlebih dahulu bila ingin mendapatkan sangkar burung produksi Pak Widodo ini, karena stock sangkar sangat terbatas.

Awak Beritamadani.co.id, berkempatan mampir di workshop sederhana milik Pak Widodo. Terlihat di banyak sangkar burung bakalan yang digantung di dinding teras belakang. Diteras depan rumah inilah Pak Widodo bekerja sepanjang hari memodifikasi sangkar burung relief ukir. Karena beberapa hari sebelumnya Awak Beritamadani.co.id sudah mengadakan janji untuk berkunjung, pada kunjungan kali ini, Pak Widodo bersedia berbagi trik dan cara membuat tebokan sangkar burung relief ukir berbahan dasar resin. Sambil menunjukkan semua bahan dan peralatan, Pak Widodo mengatakan.”Trik dan cara membuat tebokan relief ukir sebenarnya cukup sederhana”.”Apabila perajin pemula ingin belajar dengan giat dan tekun, Insyaallah 3 hari sudah bisa”.”Tinggal kemauan dan keseriusan untuk berusaha”. Kemudian sambil bekerja dijelaskan tahapan pembuatan relief ukir tebokan menggunakan bahan resin.

IMG_20160814_131942_1 IMG_20160814_131935

Cara membuat Tebokan Relif Ukir Pak Dodo, sebagai berikut:

A.Bahan: silicon rubber+hardener, resin, katalis,calcium, cat enamel (minyak,red), thinner A atau super dan cat vernis

B.Alat Kerja:Cetakan silicon ruber motif ukir, stick pengaduk, kaleng tempat resin, tatakan adukan resin dan katalis, kain lap, sarung tangan, gun sprayer dan kompressor

C.Cara Pembuatan:

1.Buatlah cetakan motif ukir sesuai keinginan, buat mal dengan menggunakan silikon rubber, ukuran panjang dan lebar bisa disesuaikan.

2.Siapkan campuran resin, calsium dan pewarna cat enamel

3.Siapkan tebokan sangkar burung yang akan dibuat

4.Isi cetakan dengan campuran resin (resin, calsium, pewarna cat dan katalis 10%)

5.Tempel cetakan yang sudah terisi campuran resin ke tebokan

7.Tunggu sampai kering dan cetakan bisa dilepas

8.Finishing relief ukir bisa menggunakan melamic ataupun cat vernis jenis untuk mobil.

Sangkar burung relief ukir, sebenarnya menggunakan trik-trik  dan bahan yang sederhana. Pengembangan dari pemanfaatan bahan-bahan fiberglass yang sudah banyak dipergunakan di berbagai industri. Semua bahan yang dibutuhkan banyak tersedia di pasaran. Oleh karena itu apabila kita memiliki bakat dan  kreatifitas yang tinggi, bisa membuat sesuatu karya kerajinan yang menarik, seperti  duplikasi ukir yang bernilai tinggi dan mirip dengan aslinya. Seperti  karya Pak Widodo ini.

IMG_20160814_131849_1 IMG_20160814_131732

Peluang usaha seperti ini, yang perlu kita tularkan kepada Masyarakat Indonesia yang berbakat dan memiliki kreatifitas tinggi. Selain menyalurkan bakat, kita berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga. Seperti yang dilakukan Pak widodo ini, menekuni kerajinan relief ukir sangkar burung, untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga.

Kesabaran, keikhlasan dan ketekunan dari seorang Widodo inilah,  www.beritamadani.co.id, terpanggil untuk mendukung semua kegiatan pelatihan untuk semua warga bangsa, yang berminat belajar dan mengembangkan bakat kreativitas  untuk kerajinan relief ukir produk  dari Pak Widodo Malang. Bila anda berminat dengan pelatihan kerajinan ini, bisa menghubungi, www.beritamadani.co.id, Biro Malang Raya. (Diana)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL