Wisata Kuliner Khas Ikan Kali Brantas Di Bendungan Gerak Waru Turi Gampengrejo Kediri

DSC04817 DSC04810

Kediri, Beritamadani.co.id – Bendungan Gerak Waru Turi merupakan salah satu bendungan yang ada di Wilayah Kabupaten Kediri. Bendungan Gerak Waru Turi terletak di Desa Gampengrejo, Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. Selain untuk pengairan, bendungan ini juga untuk tempat wisata, dengan kuliner khasnya yaitu iwak kali Brantas (ikan sungai brantas,red), hasil tangkapan tradisional dari penduduk sekitar dengan memancing dan menangkap langsung (menggunakan kedua tangan,red) ikan yang ada di Sungai Brantas.

Di dalam area bendungan ini, ada banyak warung yang menjajakan ikan hasil tangkapan yang diperoleh secara tradisional penduduk sekitar. Salah satunya: Warunge Bu Mariyah. Letaknya di sebelah utara jembatan bendungan Sungai Brantas. Warung ini menyediakan bermacam-macam ikan segar mulai dari ikan wagal, ikan rengkik, ikan wader, ikan tombro, ikan bader, udang, telur ikan, sayur kepala rengkik dan sambal lalapan.

DSC04827 DSC04828

Saat ditemui Awak Beritamadani.co.id, Mariyah, warga Desa Gampengrejo RT 03, RW 02, yang juga pemilik warung menceritakan. “Warung ini mulai berdiri sejak Tahun 2001”.” Buka Pukul 06.00 Wib sampai Pukul 19.00 Wib”.”Pembeli yang datang, rata-rata orang luar wilayah Gampengrejo, seperti orang dari Kota Kediri, Tulung Agung, Blitar dan masih banyak lagi”. “Kalau hari biasa saya mengeluarkan modal perhari Rp. 700.000,-  dan rata-rata memperoleh laba bersih Rp. 100.000,-“. “Sedangkan kalau hari libur saya mengeluarkan modal minimal Rp. 1.000.000,-  perhari dan memperoleh laba bersih paling banyak Rp. 500.000,-”.

Berdasarkan pantauan Awak Beritamadani.co.id, Warunge Bu Mariyah ini, tempatnya bersih dan nyaman serta memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Konsumen bisa memilih ikan segar yang diinginkan tentunya sesuai dengan stok ikan yang ada. Warunge Bu Mariyah, juga menerima pesanan dengan menu ikan kali. Kalau ingin mencicipi kuliner khas ikan kali Brantas, silahkan mampir ke Warunge Bu Mariyah di Gampengrejo Kediri. (Widya)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL