Malam Tasyakuran HUT RI Ke-71 Warga RW.0 9 Villa G.Buring Cemorokandang Malang

IMG_20160816_211743 IMG_20160816_211819

Malang, Beritamadani.co.id – Rangkaian kegiatan warga dalam rangka HUT RI ke-71,  selain lomba-lomba juga ada kegiatan tasyakuran, seperti kegiatan  Warga RW.09 Villa G.Buring, Kelurahan  Cemorokandang, Kota Malang. Sebelum malam tasyakuran, kegiatan warga diawali dengan melakukan kerja bhakti di lingkungan RT dan RW, pada Hari Minggu pertama dan kedua, dengan membersihkan jalan lingkungan, memasang umbul-umbul, memperbaiki pos kamling dan menyiapkan tempat untuk malam tasyakuran untuk peringatan Kemerdekaan RI ke-71.

Malam Tasyakuran di RW 09, Kelurahan Cemorokandang, pada Tahun 2016 ini, sesuai kesepakatan dari hasil rapat RW 09 pada tahun sebelumnya, panitia peringatan dilaksanakan oleh Warga RT 4. Tasyakuran berlangsung tadi malam, 16 Agustus 2016. Acara dimulai Pukul 19.30 Wib dan selesai Pukul 22.00 Wib. Kegiatan Tasyakuran ini dihadiri oleh semua warga masyarakat yang berada di RW 09, Kelurahan Cemorokandang, Kota Malang.

Acara dimulai dengan pembukaan yang disampaikan oleh Pembawa Acara Bapak Yasin, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu indonesia Raya, Mengheningkan Cipta dengan Doa dipimpin oleh Bapak Agus, Sambutan oleh Ketua Pelaksana Bapak Mualimin dan Bapak Jamil selaku Ketua RW 09, Kelurahan Cemorokandang. Selanjutnya  acara paparan sejarah oleh salah satu saksi sejarah, pejuang bangsa  Bapak Dirgo, kemudian acara hiburan tari tarian oleh putra-putra dari RW 09, potong tumpeng dan ramah-tamah.

Paparan sejarah yang dilakukan oleh salah satu pejuang kita, yang juga pelaku sejarah perjuangan untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan, Bapak Dirgo, mengisahkan perjuangan melawan penjajah dan menyampaikan pesan untuk generasi muda sekarang, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah perjuangan dan para pahlawannya”.

IMG_20160816_195611 IMG_20160816_201135

Sambutan oleh Bapak Jamil selaku Ketua RW 09, disampaikan.”Warga RW 09 supaya meningkatkan kualitas keamanan rumah dan lingkungan RT masing-masing, karena berdasarkan informasi  di RW 02, telah terjadi pencurian kendaraan bermotor”.”Dikunci saja belum cukup, mohon diusahakan sepeda motor, bila di rumah diusahakan tidak kelihatan dari luar, karena mengundang pencuri”.”Selain itu kemarin baru saja ada orang tua, ibu umur 70 tahun dibuang oleh keluarganya, tetapi karena ibu ini masih ingat tempat tinggalnya, sehingga bisa diantarkan pulang kembali”. Pada sambutan kali ini juga disampaikan ucapan terimakasih bagi warga yang turut berpartisipasi  dalam lomba-lomba di kelurahan dan disampaikan jadwal kegiatan peringatan HUT RI ke-71, di Kelurahan  Cemorokandang.

Acara Tasyakuran diakhiri dengan dilakukan pemotongan tumpeng kemerdekaan, oleh sesepuh di RW 09 dan hasil potong tumpeng diberikan kepada Bapak Jamil, selaku Ketua RW 9. Acara dilanjutkan dengan hiburan dan ramah-tamah Warga RW 09, Kelurahan Cemorokandang.

Makna yang bisa kita ambil dari kegiatan warga seperti yang dilakukan di RW 09, Kelurahan Cemorokandang, Kota Malang ini, adalah: semangat nasionalisme dan mendoakan arwah para pahlawan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah perjuangan bangsanya, menghargai para pahlawannya.  Kemerdekaan telah diwariskan oleh para pejuang, mari kita sebagai generasi muda  dengan momen HUT RI ke-71, kita jaga persatuan dan kita jadikan bangsa ini bangsa  yang besar, yang disegani  oleh dunia dan dicintai oleh masayarakatnya. Merdekaaa!!! (Diana)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL