Wisata Alam Sendang Drajat dan Gua Surowono Di Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri

DSC01150 (Medium) DSC01143 (Medium)

Kediri, Beritamadani.co.id – Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Kediri cukup banyak. Baik dikelola oleh Pemerintah Daerah Kab.Kediri, maupun oleh pemerintahan desa setempat. Hal ini seperti tempat wisata alam yang ada di Dusun Surowono, Desa Cangu, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri. Terdapat Wisata Alam Sendang Drajat dan Gua Alam Sepanjang 300 M.

Sendang Drajat merupakan destinasi wisata alam yang memiliki sumber air. Pada perkembangannya di sendang ini dibangun kolam renang berukuran besar, yang dimanfaatkan wisatawan untuk berlibur dan menghabiskan waktu dengan berenang bersama teman maupun keluarga. Bisa dikatakan berolahraga sambil berlibur.

Banyak wisatawan lokal yang datang untuk berlibur diakhir pekan, tetapi pada Hari Jumat Sendang Drajat tutup. Fasilitas di sendang ini juga sudah cukup, ada toilet, warung tempat makan dan tempat parkir yang luas, bisa menambah kenyamanan pengunjung. Tetapi berdasarkan pengamatan di lokasi, harus dikembangkan lagi masih ada beberapa tempat yang kurang rapi penataannya. Pengelolaan Sendang Drajat ini sudah diserahkan dan ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Kediri dan merupakan sumber pendapatan PAD Kabupaten Kediri.

DSC01149 (Medium) DSC01142 (Medium)

Pada saat berkunjung ke Sendang Drajat, Awak Beritamadani.co, mendapatkan informasi dari salah warga sekitar bernama Taji. Kebetulan di Sendang Drajat ini Taji merupakan salah satu pengelola tempat parkir, menyampaikan. “Pemandian Sendang Drajat ini sudah hak Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri dan bukan hak Desa Canggu lagi, kalau hasil parkir ini hak saya sendiri karena tanah yang saya buat parkir ini, tanah pribadi saya dan bukan tanah hak desa.”

Berdasarkan pantauan Awak Beritamadani.co.id, pengunjung cukup banyak bila di Hari Libur. Muda-mudi dan para orang tua banyak yang berwisata bersama keluarga. Bahkan terlihat tanpa baju renang terjun ke kolam, berenang dan berendam bergerombol bersama anggota keluarga masing-masing sesuai rombongan. Suasana gembira sangat kentara di tempat ini.

Kemudian Awak Beritamadani.co.id melanjutkan liputan ke Wisata Gua. Ternyata di sekitar Sendang Drajat ini terdapat Gua. Gua disini berbeda dengan gua yang berada di daerah kapur. Gua ini merupakan gua tanah cadas. Gua ini terletak di pekarangan rumah warga dan di bawah pohon bambu. Air mengalir mulai dari pintu masuk gua hingga sampai pintu keluar gua kurang lebih sepanjang 300 Meter.

Konfirmasi didapatkan dari Pak Samsul selaku pemilik tanah dan adanya gua ini, menuturkan. “Kalau penanganan lokasi gua telah di tangani desa, karena demi keamanan, ketertiban dan kenyamanan bagi pengunjung gua”.”Dengan adanya gua di Dusun Surowono ini semoga bisa membawa berkah bagi warga yang berjualan di sekitar lokasi gua ini dan juga bisa menunjang perekonomian Warga Dusun Surowono, Desa Canggu, Kec.Badas.”

DSC01139 (Medium) DSC01138 (Medium)

Lebih lanjut Pak Samsul mengatakan.“Kalau pintu masuk di gua ini memang dari belakang rumah saya dan pintu keluar gua di tengah-tengah perkampungan penduduk Dusun Surowono, sekitar ± 300 Meter dan saran saya bagi pengunjung yang ingin memasuki gua harus ada pemandunya karena demi keselamatan dan kenyamanan pengunjung yang memasuki gua.”

Gua di Dusun Surowono ini ternyata juga sangat menarik, terbukti juga dipadati pengunjung. Banyak pengunjung setelah dari Sendang Drajat, juga datang berkunjung ke Gua Pak Samsul ini. Banyak juga muda-mudi yang bersenang-senang dan bergembira-ria sambil selfie bersama mengabadikan momen kebersamaan mereka selama berlibur ditempat ini. Para pembaca Beritamadani.co.id penasaran dan tertarik, bisa langsung ke Dusun Surowono, Desa.Cangu, Kec.Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. (Muji Wahyono)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL