Grand Final Putra Putri Batik Kabupaten Kediri 2016

DSC04226 DSC04208

Kediri, Beritamadani.co.id – Acara Grand Final Putra-Putri Batik Kabupaten Kediri 2016, dilaksanakan pada Hari Kamis, 04 Agustus 2016, yang semula diagendakan mulai Pukul 18.00 Wib, namun acara mundur sampai Pukul 20.00 Wib, disebabkan hujan deras mengguyur  Kawasan Simpang Lima Gumul. Walaupun situasi dan kondisi yang kurang bersahabat, namun tidak mengurangi semangat para grand finalis dan antusiasme para pendukungnya, untuk tetap setia menunggu berlangsungnya acara ini hingga selesai.

Grand Final Putra Putri Batik Kabupaten Kediri 2016, diawali dengan parade 10 pasang Putra-Putri Batik Kabupaten Kediri 2016. Setelah berparade, masing-masing finalis diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri dan mempresentasikan hasil karya batik yang diperagakan. Masing-masing finalis membuat sendiri pakaian yang mereka kenakan. Mulai dari design, canting, pewarnaan, motif sampai dengan jadi pakaian yang siap pakai.

DSC04189 DSC04176

Setelah masing-masing finalis memaparkan hasil karyanya, kini tiba waktunya para dewan juri yang terdiri dari, Ibu Gadis, Bapak Sigit dan Bapak Ganda untuk memberikan pertanyaan seputar apa yang telah para finalis paparkan dan juga memberikan penilaian.

Ada beberapa UKM Batik yang mendukung terselenggaranya Grand Final Putra Putri Batik Kabupaten Kediri 2016 diantaranya, Batik Bu Anik, Batik Bu Suminar, Batik Jumantara, Batik Esri, Batik Aulya, Batik Lochatara, Batik Rini Djoyo dan Batik Aura. Finalis Putra Putri Batik Kabupaten Kediri 2016, terdiri dari bermacam-macam kalangan, mulai dari Siswa-Siswi SMA, Mahasiswa dan juga umum.

Kategori yang dilombakan dalam acara ini antara lain, Putra-Putri Batik Favorit, Best Catwalk Batik, Best Batik Design dan Best Costum Design. Pemenang masing-masing mendapatkan tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Awak Beritamadani.co.id berkesempatan menemui Bapak Sugeng Sundoro, Pemilik Batik Suminar, salah satu UKM Batik yang mengikuti ajang kontes batik ini. Sugeng Sundoro menyampaikan. “Saya sangat bangga bisa muncul ikut serta dalam mengembangkan batik”. “Sekarang Putra Putri Batik itu benar-benar terjun sendiri ke batik”.”Jadi bisa design, canting terus dipahamkan”.” Dalam 2 minggu ini, anak-anak benar-benar terjun ke batik”.” Apa yang mereka pakai sekarang ini benar-benar buatan mereka sendiri”. “Harapan saya ke depan, lebih kita tingkatkan kwalitas dan kwantitasnya”.

DSC04239 DSC03997

Tiba saatnya pengumuman pemenang Putra Putri Batik Kabupaten Kediri 2016. Yang terpilih menjadi Putra Batik Kabupaten Kediri 2016, atas nama Ifan Muhammad. asal MAN Krecek-Pare, sedangkan yang terpilih menjadi Putri Batik Kabupaten Kediri 2016, atas nama Ita Kurata Ayuni, asal Universitas Negeri Malang.

Saat dikonfirmasi Awak Beritamadani.co.id, Ita Kurata Ayuni mengatakan. “Saya merasa senang, semua usaha saya untuk latihan, usaha saya untuk mendapatkan juara terbaik akhirnya terpenuhi”.

Berikut kami sajikan Daftar Juara atau Pemenang Putra Putri Batik Kabupaten Kediri 2016, dari masing-masing kriteria:

Kriteria Lomba Nama Pemenang Asal Pemenang UKM Batik
Putra Batik IFAN MUHAMMAD A. MAN Krecek Pare Batik Esri
Putri Batik ITA KURATA AYUN Univ. Negeri Malang Batik Bu Anik
Wakil I Putra Batik MOHAMMAD AMIQ HABIBULLOH UN PGRI Kediri Batik Aulya
Wakil I Putri Batik LARISA RAHMA DIVA Umum Batik Aura
Wakil II Putra Batik DHIMAS NUGRAHA PUTRA Umum Batik Aura
Wakil II Putri Batik DELVIA RISKITA RAHMAWATI SMAN 1 Wates Batik Bu Suminar
Putra Batik Favorit MOHAMMAD AMIQ HABIBULLOH UN PGRI Kediri Batik Aulya
Putri Batik Favorit YUSI AFIDAH OKTAVIA SMAN 1 Wates Batik Lochatara
Best Catwalk Putra Batik SAIFUDIN INDRA PURWANTO Umum Batik Rini Djoyo
Best Catwalk Putri Batik LAILY NURINDAH SARI UN PGRI Kediri Batik Esri
Best Batik Design Putra IFAN MUHAMMAD A. MAN Krecek Pare Batik Esri
Best Batik Design Putri RATNA DELLA ASHARI Umum Batik Lochatara
Best Costum Design Putra HARWIN RAHMAD SYAH PARNATA Umum Batik Bu Anik
Best Costum Design Putri LURRY LAVEGA YOHANI SMAN 3 Kediri Batik Esri

Semoga bisa menjadi penyemangat para generasi muda untuk terus berprestasi dan berkarya. Lestarikan budaya kita, lestarikan batik kita.(Widya)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL