Festival Teater Panji Di Pekan Budaya Dan Pariwisata 2016

DSC03837 DSC03867

Kediri, Beritamadani.co.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, menyelenggarakan Festival Teater Panji untuk menyemarakkan Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2016. Festival teater ini bertempat di Panggung Pentas Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri, pada Hari Rabu, 03 Agustus 2016. Acara yang berlangsung sejak Pukul 16.00 Wib sampai dengan Pukul 21.00 Wib ini, diikuti 15 group teater dari SMA/SMK/MA se Kabupaten Kediri dan beberapa peserta tamu dari SMA/SMK/MA Kota Kediri.

Masing-masing group teater ini mementaskan berbagai macam cerita, sesuai dengan kreatifitas masing-masing. Ada yang mementaskan Cerita Calon Arang, Cindelaras, Legenda Kediri, Panji Pulang Kampung dan masih banyak lagi. Tentunya sebelum pentas, masing-masing group harus menyerahkan naskah yang akan dipentaskan kepada dewan juri. Naskah ini sebagai patokan cerita bagi masing-masing group.

Ada beberapa kriteria yang dilombakan dalam festival teater ini, diantaranya ilustrasi musik terbaik, naskah terbaik, sutradara terbaik, tata artistik terbaik, aktris terbaik, aktor terbaik dan penyaji terbaik. Yang masing-masing kriteria diambil tiga besar kecuali penyaji terbaik diambil enam besar.

DSC03857 DSC03914

Saat ditemui Awak Beritamadani.co.id, Zaenal selaku Kabid Pengembangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, menuturkan. “Harapan saya, cerita panji ini untuk menanamkan budaya lokal”.”Cerita panji ini benar-benar dari Kediri”.”Sehingga harus ditanamkan kepada anak didik dan kepada generasi muda”. “Kalau generasi muda sudah mengenal dengan panji, maka panji akan balik (kembali,red) ke Kediri”.

“Selama ini kalau panji dikenal di daerah lain seperti di Cirebon, Malang, bahkan di luar negeri, kita berharap panji akan balik kampung ke Kediri lagi, dengan cara seperti ini”. “Menanamkan cerita panji kepada generasi muda, kepada anak, anak-anak didik di sekolah”.”Kita berharap cerita panji menjadi muatan lokal di Kediri”.”Sehingga Masyarakat Kediri mulai dari anak SD, SMP, SMA itu tahu dan faham tentang cerita panji, maka cerita panji akan kembali ke Kediri sesuai dengan tema panji balik kampung”, pungkas Zaenal.

DSC03983 DSC03990

Berikut kami sajikan Daftar Juara atau Pemenang, dari masing-masing kriteria:

Kriteria Lomba Juara Asal Sekolah
Ilustrasi musik terbaik 1 SMAN 1 Kandat
2 SMAN 1 Pare
3 SMKN 2 Kediri
Naskah terbaik 1 SMAN 1 Kandat
2 SMAN 5 Kediri
3 SMKN 1 Ngasem
Sutradara terbaik 1 SMAN 1 Puncu
2 SMAN 1 Kandat
3 SMKN 1 Ngasem
Tata artistik terbaik 1 SMAN 1 Puncu
2 SMAN 1 Kandat
3 SMKN 1 Ngasem
Aktris terbaik 1 SMAN 1 Kandat pemeran Calon Arang
2 SMAN 2 Pare pemeran Permaisuri
3 SMAN 1 Puncu pemeran Dalang
Aktor terbaik 1 SMAN 1 Kandat pemeran Raja Airlangga
2 SMAN 5 Kediri pemeran Entit
3 SMKN 2 Kediri pemeran Joto Suro
Penyaji terbaik 1 SMAN 1 Kandat
2 SMKN 1 Ngasem
3 SMAN 1 Puncu
 Harapan 1 SMAN 1 Papar
 Harapan 2 SMAN 5 Kediri
 Harapan 3 SMAN 1 Pare

Semoga bisa sebagai penyemangat para generasi muda untuk terus berprestasi dan berkarya.(Widya-Made)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *