Jatim Specta Night Carnival 2016 Di Kanigoro Kabupaten Blitar

IMG-20160731-WA0026 IMG-20160731-WA0027

Blitar, Beritamadani.co.id. Minggu, 31 Juli 2016, Kanigoro sebagai Ibukota Kabupaten Blitar, pada malam hari kemarin, sangat meriah bertaburan cahaya berwarna-warni ,seperti pasukan bidadari langit turun kebumi.

Sebanyak 28 Kontingen Duta Wisata dari Seluruh Kota dan Kabupaten se Jawa Timur dan 2 Kontingen tamu kehormatan dari  Jawa Tengah, ikut mensukseskan acara Jatim Specta Night Carnival, yang kali ini bertempat di Kabupaten Blitar. Sebagai tuan rumah, Kabupaten  Blitar mengirim 2 delegasi.

Acara yang merupakan agenda rutin tahunan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur, sejak 3 tahun yang lalu, ini hasil kerja bareng dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar yang kali ini bertepatan dengan peringatan hari jadi yang ke 692.

“Acara ini digelar untuk mempertahankan kebudayaan lokal dan kesenian lokal, dalam rangka mendongkrak kunjungan wisata ke Jawa Timur”, ujar Jarianto, Kadin Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur, kepada Pers di Hotel Tugu Lestari Blitar, pada hari Sabtu, 30 Juli 2016, kemarin.

Pemilihan acara dimalam hari dipilih agar tampilnya  lebih beda dari yang biasa. Sensasi tata cahayanya menjadi spectakuler. Tapi tetap mengacu pada tema budaya lokal yang masih eksis. Jadi biar tetap ada benang merah masa lalu (sejarah, red) dengan masa sekarang. Tambah Jarianto. ” Di Kabupten Blitar kali ini, berarti sudah acara yang ke 3, setelah acara serupa di Ngawi dan Banyuwangi, tahun lalu.”

IMG-20160731-WA0022 IMG-20160731-WA0020

Ditemui ditempat terpisah, Suwandito, Ketua Panitia, yang di Blitar menyatakan bahwa.”Jatim Specta Night Carnival 2016 kali ini diikuti lebih banyak kontingen, dibanding acara serupa yang di Ngawi dan Banyuwangi. Karena di Kabupaten Blitar lebih istimewa, karena Blitar sangat erat dengan Sejarah Nusantara. Nilai-nilai sejarah yang tinggi tersebut, akan digambarkan dan di tampilkan oleh para peserta yang hadir yang sejak Pukul  5 Wib, sore tadi, sudah memadati lokasi start di Kelurahan Satreyan dan finish nanti di Kantor Pemda Kab.Blitar yang baru di Kanigoro.”

“Syukur alhamdulillah, dapat respon positif dari para wisatawan domestik maupun asing”.” Tercatat sebanyak 80 sampai 100 wisatawan manca negara, menghadiri agenda Jatim Spectakuler ini.

Dengan tema: Artistik, Atraktif dan menyentuh kearifan lokal dengan latar Blitar Kota Seribu Candi Seribu Prasasti. Menurut Agus Setiawan, Kasi  Data dan Promosi Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Blitar.” Agar potensi kedatangan wisatawan meningkat terhadap destinasi pariwisata yang telah disiapkan Pemda Kab.Blitar”. “Maka event bertaraf Nasional bahkan Regional seperti Jatim Specta Night Carnival ini, sangat penting dan tentu lebih efektif daripada hanya promosi wisata dimedia sosial.”

Agenda yang sempat bikin macet total di sepanjang ruas jalan yang menuju dan keluar dari Ibukota Kanigoro tersebut, baru berakhir tengah malam kemarin. Tapi kepadatan lalu-lintas yang lebih padat dari momen Idhul Fitri tersebut, baru bisa terurai normal antara Pukul  24.00 Wib  sampai dengan Pukul 01.00 Wib, dini hari. (Wasis – Titik Marlina).

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL