Desa Tiru Lor Kec. Gurah Kab.Kediri Memanfaatkan ADD Untuk Program Peningkatan Produksi Pertanian

DSC00965DSC00968

Kediri, Beritamadani.co.id – Pada hari Rabu 20-07-2016, Jam 09:00 Wib, tepatnya di Dusun Ringinrejo, Desa Tiru Lor, Kec.Gurah, Kabupaten Kediri, terlihat kegiatan warga yang memanfaatkan dana desa yang telah turun, dengan melaksanakan pembangunan saluran irigasi sekunder yang menuju dan melewati lahan pertanian di Desa Tiru Lor. Tenaga kerja yang terlibat dalam pembangunan saluran irigasi ini sebanyak 15 orang. Material batu kali dan pasir terlihat berjejejer ditempatkan di sisi jalan raya dan tepi saluran.

Berdasarkan pantauan Awak Beritamadani.co.id, jalan menuju persawahan,terlihat  infrakstruktur jalan sudah bagus karena telah diaspal. Droping material batu dan pasir telah dilaksanakan di sisi jalan menuju  persawahan. Sebanyak 15 orang warga yang terlibat pada pembangunan saluran irigasi ini, berasal dari Dusun Ringinrejo, Dusun Bolowono, Desa Tiru Lor.

DSC00969 DSC00971

Disaat warga dan TPK sedang sibuk menangani pembangunan, kemudian Awak Beritamadani.co.id melanjutkan perjalanan untuk menemui Kepala Desa Tiru Lor, di Kantor Desa Tiru Lor. Konfirmasi didapatkan dari Fanani,  Kepala Desa Tiru, memaparkan.” Sumber dana yang saya gunakan untuk pembangunan fasilitas pertanian guna  meningkatkan kelancaran supply air ke lahan pertanian itu berasal sumber anggaran dana desa, dari pemerintah pusat”.”Tujuan pembangunan ini,  agar hasil pertanian masyarakat di desa saya, bisa meningkat hasil panennya, dan masyarakat saya biar mengetahui kalau dana desa 2016 untuk Desa Tiru Lor sudah turun”.” Penentuan jenis kegiatan ini sudah saya tanyakan ke Masyarakat Desa Tiru Lor, karena kebanyakan Warga Desa Tiru Lor masyarakatnya mayoritas menggantungkan hidup dibidang pertanian, maka saya alokasikan dana desa untuk meningkatkan infrastruktur pertanian berupa saluran irigasi.

Lebih lanjut, Fanani menyampaikan harapannya. “Setelah dibangunnya plengsengan ini , dengan fungsi  untuk menjaga debit air dan mensupply kebutuhan  air bagi pertanian penduduk dan dibiayai oleh anggaran dana desa, yang berasal dari pemerintah pusat, dengan harapan bisa bermanfaat bagi Masyarakat Dusun Ringin rejo dan Dusun Bolowono, sehingga hasil pertaniannya bisa meningkat dan Desa Tiru Lor semakin sejahtera”.

Perlu diketahui bahwa manfaat pembangunan irigasi pertanian adalah menjamin tersedianya kebutuhan air untuk tanaman. Dimana apabila saluran irigasi baik type primer, sekunder dan tersier, sudah diplengseng atau ditingkatkan kualitasnya, maka air baku sawah tidak tercecer atau bocor di jalan saat disalurkan menuju area persawahan, yang dituju. Selain itu apabila saluran irigasi berada di tepi jalan akan mempunyai manfaat ganda, yaitu bisa menampung air dari jalan raya, dengan kata lain bisa berfungsi sebagai saluran drainase, dan  sebagai saluran irigasi, yang menyalurkan air dari sungai atau sumber air yang lain.

Apabila kebutuhan air untuk tanaman tercukupi dan sesuai dengan kebutuhan air dari jenis tanaman, maka bisa dipastikan produksi pertanian akan meningkat, tentunya proses pemeliharaan, pemupukan dan kualitas penanganan hasil panen juga harus diperhatikan. Masyarakat Desa Tiru Lor,Kec.Gurah, Kabupaten Kediri, jenis tanaman yang ditanam di area persawahan, sebagian besar  adalah:  padi, jagung dan tebu. (Muji Wahyono)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL