Potensi Ternak Ayam Cemani Selain Untuk Bisnis Juga Menjaga Dari Kepunahan

DSC00930 DSC00922

Kediri, Beritamadani.co.id – Ayam Cemani merupakan jenis ayam yang termasuk langka pada saat ini. Masih jarang kita temui dilingkungan sekitar kita, kecuali tempat-tempat penangkaran. Warna bulu, paruh dan kulit kaki yang hitam pekat merupakan ciri-ciri yang mudah kita lihat setiap kita menemukan Ayam Cemani. Konon Ayam Cemani yang jantan bisa untuk obat segala penyakit dan juga bisa untuk ritual khusus, disisi lainnya Ayam Cemani ini bila ada yang membutuhkan untuk ritual, berapapun harganya pasti dibeli dan tidak tawar.

Pada Hari Rabu, 12/7/16, Jam 09:00 Wib., Wartawan Beritamadani.co.id, melintas di perkampungan di Dusun Surowono, Kec.Badas, Kab.Kediri, melihat ada salah satu warga yang mempunyai Ayam Cemani, lalu Awak Beritamadani.co.id menghampiri salah satu warga yang punya Ayam Cemani dan salah satu Peternak Ayam Cemani. Konfirmasi didapat dari Kusnan, dan ketika mengajukan pertanyaan: “Sudah berapa lama P.Kusnan ternak Ayam Cemani dan berapa harganya 1 ekor Ayam Cemani yang jantan dewasa dan Ayam Cemani yang masih kecil?.

Kusnan memaparkan : “Saya tidak pernah jual Ayam Cemani yang masih kecil, saya hanya jual yang dewasa atau sudah bisa berkokok dan saya jual 1 ekor Ayam Cemani dengan harga Rp 1.5 juta, pada orang yang membutuhkan”.

Tujuan Kusnan berternak Ayam Cemani bukan semata-mata untuk bisnis,tetapi untuk mengembang biakkan Ayam Cemani (penangkaran,red) yang hampir punah di Kabupaten Kediri. Lebih lanjut Kusnan mengatakan bahwa perawatan untuk Ayam Cemani juga mudah dan Ayam Cemani ini, tahan dengan segala penyakit. Makanan Ayam Cemani yang kecil sampai dewasa yaitu jagung, hanya saya bila masih kecil pakan jagung harus diselep. Supaya Ayam Cemani bisa tetap sehat sebaiknya menjaga kebersihan yaitu kotoran ayam cemani harus rutin dibersihkan, sehingga perkembangbiakan ayam cemani lebih normal dan terjaga. (Muji Wahyono)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL