Laris Manisnya Buah Semangka Dan Melon Di Bulan Puasa

IMG_20160619_094456 IMG_20160619_094256

Malang, Beritamadani.co.id – Banyak pilhan makanan, minuman, maupun buah-buahan yang dapat digunakan untuk berbuka puasa. Salah satunya adalah aneka buah-buahan yang dapat melepaskan dahaga setelah puasa seharian, seperti : Melon dan Semangka. Peluang pasar inilah yang diambil oleh Rochman (39) untuk berjualan buah di Jalan Madyopuro, arah ke Kel.Cemorokandang, Kota Malang.

Bedak atau yang disebut lapak, dengan ukuran 5×6 meter, didirikan di tepi Jalan Raya Madyopuro arah Cemorokandang, menghadap ke utara. Hamparan Semangka dan Melon diatur sedemikian rupa per bagian, supaya menarik pembeli. Buah Semangka dan Melon ini cukup mencolok perhatian bagi orang yang lewat, karena jumlahnya cukup banyak sekitar 8000 buah.

Seperti yang disampaikan oleh, Rochman (39), asal Dampit, 19/6/16, kepada Beritamadani.co.id:” Sebenarnya saya pedagang segala macam buah mas, tergantung musimnya”.”Bila musim buah Alpukat saya jualan Alpukat, bila musim Buah Naga saya juga jualan Buah Naga”.” Kebetulan saat ini sedang musim panen Semangka dan Melon”. “Saya memilih jualan buah ini karena bertepatan dengan Bulan Puasa Ramadhan, sehingga banyak dicari orang untuk berbuka puasa”.”Buah-buah ini kulakan dari Daerah Banyuwangi, dikirim ke Malang satu minggu sekali, sekitar 1 truk isi sekitar 8 Ton, bila dihitung sekitar 5000 buah Semangka”.”Bila Buah Melon saya kulakan per pickup, satu pickup kira-kira 2000 buah”.”Total yang ada di lapak ini per minggu 6000 sampai 8000 buah”.

IMG_20160619_101111IMG_20160619_094829

“Omset mencapai empat puluh  juta sampai lima puluh juta mas, keuntungan seperti jualan buah  yang lain, sekitar sepuluh sampai lima belas persen setiap kulakan, bila ramai perhari bisa mendapatkan uang sekitar tiga juta”.” Buah Semangka saya jual per kilo lima ribu rupiah dan Melon dengan harga jual delapan ribu rupiah”. “Tergantung selera pembeli minta harga per kilo atau per buah”, pungkas Rofik mengakhiri pembicaraan, sambil mempersilakan pembeli untuk memilih Buah Melon.

Keberanian Rochman untuk berjualan buah ini sungguh luar biasa. Resiko bejualan Buah Semangka mengalami busuk bisa mencapai 15 persen, sekali kulakan. Apabila yang dijual Buah Melon, resiko busuk bisa mencapai 30 persen, per kulakan. Untuk itu Rochman berusaha untuk mempercepat proses penjualan dengan melibatkan penjual keliling yang menggunakan obrok (keranjang dari bambu,red) dengan harga khusus.

Pemilihan tempat yang dilakukan Rochman cukup tepat dan strategis. Karena area sekitar kiri-kanan lapak cukup luas sehingga mudah dilihat pengguna jalan yang lewat tempat ini. Selain itu tempat ini dilewati oleh warga dari 4 perumahan yang cukup besar di Wilayah Cemorokandang, Kota Malang. Jadi tidak kaget bila laris dan selalu laku, apalagi bertepatan dengan Bulan Puasa Ramadhan tahun ini.

IMG_20160619_102729 IMG_20160619_102518

Lebih lanjut, sebagai edukasi kita, mengenai ciri-ciri dan manfaat buah-buah berbentuk bulat tersebut diatas, salah satunya karena kebutuhan untuk melepaskan dahaga. Melepaskan dahaga adalah indentik dengan minuman. Banyak sekali minuman yang dapat kita buat dengan 3 jenis buah yang berbentuk bulat ini. Salah satunya Buah Melon. Buah Melon yang sering  kita jumpai ada 2 warna yaitu orange dan kuning kehijauan. Bila dilihat dari tampak luar, kulit Melon berdaging orange berwarna hijau tua. Dari rasa, Buah Melon yang berwarna orange lebih nikmat untuk dijadikan es buah, jus dan dimakan langsung, rasanya lebih manis dan kandungan airnya lebih sedikit. Sedangkan untuk Buah Melon berdaging kuning kehijauan mempunyai karakter rasa tidak terlalu manis tetapi menyegarkan. Melon jenis ini juga cocok untuk es buah karena lebih segar, tetapi bila dimakan langsung kurang manis. Kelemahan Buah Melon ini adalah cepat mengalami pembusukan, sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama, maksimal 3 hari  langsung dikonsumsi.

IMG_20160619_094309_1 IMG_20160619_094402

Buah berbentuk bulat yang lain dan menyegarkan  bila dijadikan minuman adalah  Semangka. Buah Semangka cukup banyak jenisnya. Dilihat dari biji ada dua jenis yaitu Semangka Berbiji dan Semangka tidak berbiji. Dilihat dari warna daging buahnya ada dua yaitu warna merah dan kuning. Dan bila dilihat dari bentuk buahnya ada Buah Semangka bentuk yang sering kita jumpai yaitu bulat dan lonjong (Semangka Inul,red), dan buah yang bentuknya aneh-aneh seperti kotak ataupun persegi berarti hasil proses pembentukan dangan menggunakan cetakan. Bila dilihat dari warna kulitnya buah Semangka berbiji biasanya berwarna hijau belang tegak, dan yang tidak berbiji biasanya kulit Semangka berwarna hijau tua juga dengan belang tegak. Supaya tidak tertipu dan kecewa, sebaiknya pada saat membeli semangka bila harga yang ditawarkan sudah cocok dicoak segitiga untuk melihat jenis semangka yang kita pilih. Buah Semangka sangat cocok untuk dimakan langsung, tetapi pada perkembangan bisa digunakan untuk Jus Semangka. Bila anda berminat, silakan anda mencoba kesegaran dari buah-buah ini. (Diana)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL