Rapat Teknis Persiapan Tumpeng Agung Nusantara 5 Di Candi Penataran Nglegok Blitar

DSC02653

Blitar, Beritamadani. co.id – Rapat Teknis Persiapan Tumpeng Agung Nusantara 5, di Candi Penataran, bertempat  di Aula Kecamatan Nglegok, Kab. Blitar, tadi malam, Pukul 21.00 Wib – 23.00 Wib.

Agenda tahunan yang sudah memasuki tahun ke- 5 ini, tadi malam dihadiri 25 orang Pengurus LP2BN (Lembaga Pelindung Pelestari Budaya Nusantara, red), dari 3 kota.” Syukur Alhamdulillah, ditengah- tengah kita Umat Islam menjalankan aktifitas yang amat padat di Bulan Suci Ramadhan ini, malam ini kita masih bisa meluangkan waktu untuk beribadah sosial tentang melestarikan adat budaya adiluhung kita berupa Tumpeng Agung Nusantara, yang tahun ini sudah masuk tahun ke- 5.” Demikian Ki Jontor Siswanto, Sekjend LP2BN, membuka rapat pada 12 Juni 2016, tadi malam.

DSC02651

“Hadir 25 pengurus, Pinisepuh malam ini yang datang dari 3 Kota Segi  Tiga Emas Kejayaan Nusantara, yakni  Kota Kediri, Blitar dan Tulungagung”. “Selamat datang, terimakasih kehadirannya, walaupun pelaksanaan Tumpeng Agung Nusantara 5 tahun ini pas bareng dan bertepatan dengan Bulan Ramadhan, sehingga sangat mungkin tahun ini pelaksanaannya tidak bisa semeriah tahun tahun sebelumnya di luar Ramadhan, bukan berarti mengurangi makna kekhidmatan kita melaksanakan Upacara Ritual Suci Di Tumpeng Agung Nusantara 5, Tgl 27 Juni 2016, yg tinggal beberapa hari kedepan ini”. “Untuk itu mari malam ini fokus membahas teknis pelaksanaan saja”. “Kalau toh para pinisepuh masih ada beda pendapat mengenai hari H, tolong malam ini clear”. “Tidak ada lagi beda pendapat”. “Yang ada kompak nyengkuyung bagaimana pada Tanggal 27 Juni 2016 nanti, wajib terlaksana apapun rintangannya” .Tegas Sekjend  LP2BN malam itu untuk menepis isue batalnya pelaksanaan Tumpeng Agung ke- 5, karena situasi kondisi kurang mendukung.

DSC02652

Ditempat terpisah, Ki Bambang Gudel, Tokoh Sejarawan Blitar menyampaikan bahwa,” Tanggal 27 Juni 2016, adalah hari yang paling tepat untuk melaksanakan Tumpeng Agung, karena itu mengacu pada hari lahirnya Candi Palah (Penataran, red), tgl 27 Juni, malam Jumat Legi, Tahun 1119 Saka. Seperti tertulis dalam Prasasti Palah, dan dalam Kitab Negara Kertagama.”

“Atas nama pemerintah kami siap mendukung acara yang Bapak/Ibu Pengurus LP2BN siapkan”. “Akan kami kerahkan warga kami se Wilayah Kec .Nglegok, untuk mendukung demi suksesnya Tumpeng Agung ke- 5 , Tanggal 27 Juni 2016 nanti”. “Insyaallah bisa berjalan lancar”. Sambutan Bapak Drs Hata, Camat, Kecamatan Nglegok, Kab. Blitar.

“Terimakasih Bapak Camat sudah siap 100 persen”.” Agenda teknis Tumpeng Agung nanti seperti yang sudah di sepakati yakni, diawali dengan Piuning (Wisata Spiritual, red) tanggal 19 Juni 2016, start  Jam 8 Wib pagi, ngumpul di Graha Budaya Porbudpar Kabupaten, Jl A Yani, Gladi Resik dan Jamasan/Sesuci tanggal 22 Juni 2016 di Candi Penataran”. “Tanggal 27 Juni 2016, Puncak Acara Tumpeng Agung Nusantara, Start di Bale Kambang, Bedol Kirab menuju finis di Candi Penataran.” Demikian Ki Aris Sugito, Ketum LP2BN menjelaskan ke Awak Beritamadani.co.id.

Di tempat yang sama, Ki M. Taufik, selaku Ketua Panitia Pelaksana, menyampaikan bahwa.” Seperti yang disampaikan Sekjend LP2BN didepan, bahwa Tumpeng Agung ke- 5 tahun ini, bertepatan dengan pelaksanaan Ibadah Suci Bulan Ramadhan”. “Makanya nanti pelaksanaannya sederhana, tapi tidak mengurangi makna, dan kami mohon disiplin waktu, nanti terutama diacara puncak tanggal 27 Juni 2016”. “Nanti acara dimulai Jam 15.00 Wib, sore , dan harus berakhir Jam 18.00 Wib, sore, pas Adzan Maghrib, waktu buka puasa. Untuk itu kami mohon kerelaan semua pihak untuk tetep kompak supaya agenda bisa berjalan lancar dan sukses untuk kita semua”. Pungkas Ki M. Taufik mengakhiri sambutannya. (Wasis)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL